Selasa, 03 Mei 2011

All About Semantic Web


Kata semantik berarti makna dan web berarti jaringan
Jadi apa sebenarnya Semantic Web itu?

Semantic Web adalah web  (jaringan) yang mampu menjelaskan hal-hal dengan cara yang komputer dapat pahami

Kalimat-kalimat seperti yang di atas dapat dipahami oleh orang-orang. Tapi bagaimana mereka dapat dimengerti oleh komputer?
Pernyataan yang dibangun dengan aturan sintaks. Sintaks dari bahasa mendefinisikan aturan-aturan untuk membangun bahasa pernyataan.Tapi bagaimana sintaks menjadi semantik?
Ini adalah apa yang Semantic Web adalah semua tentang. Menggambarkan hal-hal dengan cara yang aplikasi komputer dapat memahaminya.
Semantic Web adalah bukan tentang hubungan antara halaman web.
Semantic Web yang menggambarkan hubungan antara hal-hal (seperti A adalah bagian dari B dan Y adalah anggota Z) dan sifat sesuatu (seperti ukuran, berat, usia, dan harga)

Jika HTML dan Web membuat semua dokumen online tampak seperti buku besar, RDF, skema, dan kesimpulan bahasa akan membuat semua data di dunia tampak seperti database besar”
Tim Berners-Lee, Weaving the Web, 1999 Tim Berners-Lee, Tenun Web, 1999

RDF (Resource Description Framework) adalah bahasa untuk mendeskripsikan informasi dan sumber daya di web.
Menempatkan informasi ke file RDF, memungkinkan program komputer ( “web spider”) untuk mencari, menemukan, mengambil, mengumpulkan, menganalisis dan memproses informasi dari web.
Semantic Web yang menggunakan RDF untuk mendeskripsikan sumber daya web.


Bagaimana bisa digunakan?
Jika informasi tentang musik, mobil, tiket, dll disimpan di file RDF, cerdas aplikasi web bisa mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang berbeda, menggabungkan informasi, dan menyajikannya kepada pengguna dengan cara yang berarti.
Informasi seperti ini:
Harga mobil dari berbagai reseller
Informasi mengenai obat-obatan
Jadwal pesawat
Suku cadang untuk industri
Informasi tentang buku-buku (harga, halaman, editor, tahun)
Tanggal kejadian
Komputer update

Apakah bisa dipahami?
Semantic Web yang bukan merupakan teknologi berkembang sangat cepat.
Salah satu alasan untuk itu adalah kurva belajar. RDF ini dikembangkan oleh orang-orang dengan latar belakang akademis dalam logika dan kecerdasan buatan. Untuk pengembang tradisional sangat tidak mudah dimengerti.
Satu cepat tumbuh semantik bahasa untuk membangun aplikasi web adalah RSS.


Web semantik juga, memungkinkan data dapat dimuat dimana saja melalui web, serta dapat dimengerti baik manusia maupun komputer. Dalam web semantik terdapat beberapa bahasan yang secara signifikan berbeda dengan web saat ini. Beberapa bahasan tersebut antara lain :
  • Indexing n Information Retrieval
    Dalam beberapa kasus, seseorang dibuat frustasi dalam mencari informasi, dikarenakan orang tersebut tidak mengetahui parameter yang pasti dari informasi yg dia cari. Tapi dengan web semantik, proses pencarian dilakukan user melalui pendekatan konsep dan kategori, tak lagi menggunakan kata kunci dan indeks alphabet.
  • Metadata
    Dalam web semantik metadata dapat digambarkan sebagai metode sistematik mendeskripsikan sumber daya dan mekanisme pengaksesannya. Contoh metadata sederhana adalah dalam tabel pada database relasional, terdapat properti misalnya length dan nullable yang mendeskripsikan suatu field. Kedua properti ini dapat disebut sebagai metadata. Namun dalam semantic web, metadata yg diterapkan biasanya sudah distandarisasi, contohnya adalah DUBLINCORE
  • Anotasi
    Bahasa markup seperti XML dapat digunakan untuk menambahkan anotasi Tapi saat ini masih sulit dilakukan untuk sharing anotasi dan transfer anotasi ke aplikasi maupun komputer. Dalam semantik web anotasi harus dapat didistribusikan, selain itu karena anotasi memiliki perbedaan dalam penjelasannya, maka anotasi harus dapat dimengerti secara luas.
  • Database interoperabilitas
    Umunya saat ini kita mendapatkan data dari database melalui web. Database tersebut umumnya terpisah dan sulit digunakan sebagai sumber data yang tergabung. Namun sebenarnya masih banyak data yang lebih besar yg terdapat diluar database. Web semantik memiliki visi bagaimana menyatukan deskripsi dan pengambilan data yang tersimpan. Sehingga nantinya web dapat digambarkan sebagai database virtual yang besar. Pengguna bisa mendapatkan data dari berbagai situs penting, serta dapat mengoperasikan data tersebut.
  • Machine retrieval data
    Berfokus pada otomatisasi akuisisi data. Suatu aplikasi dalam proses menyelesaikan tugasnya dapat menentukan data apa yg dibutuhkan, dimana dan bagaimana untuk mendapatkannya. Aplikasi ini berkaitan dengan agen cerdas (smart crawler) si agen ini bisa menjadi on the fly decision maker, karena dia mengerti secara semantik maksud dari web yg sedang dikunjungi, sehingga dia memiliki ability untuk otomatisasi akuisisi data tersebut.
  • Service
    Service dalam aplikasi bisnis misalnya penjadwalan, pemesanan tiket, transaksi penjualan, otentifikasi dan lainnya. Dalam web semantik, dikenal juga sebagai semantik web service, dimana menyediakan data yang dimengerti komputer sehingga komputer dapat mengaktivasi dan mengkoordinasikan data untuk user. Web service erat kaitannya dalam masalah interoperabilitas.
    • Agen Cerdas, Like Crawler Agen biasanya adalah suatu perangkat lunak yang bertindak atas perintah anda, agen perangkat lunak bertindak secara otonomi, berkomunikasi dengan agen lain untuk menemukan suatu service atau informasi untuk anda. Agen lain dapat menjalankan service yg dibutuhkan dan memberikan hasilnya kepada agen anda, yg mana akan memberitahu hasilnya kepada anda.



Dari sumber :
* http://www.w3schools.com/semweb/default.asp
* http://kav1nsky.wordpress.com/2010/05/17/semantic-web/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

ada se bljar ini baru2 ttg semantic web.hahaa~~
mat kul membosankan!!!

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons